Jumat, 27 Juni 2014

Perasaan



Semakin bertambahnya usia, saya semakin sadar, betapa rumitnya menjaga perasaan. Baik perasaan sendiri atau pun perasaan orang.  Saya sutuju dengan keputusan Allah, bahwa hati menjadi sesuatu yang sulit terbaca dengan mudah. Sungguh betapa repotnya kita ketika hati dapat tertebak dengan mudah seperti teka teki silang seribuan, betapa repot menjaga perasaan seseorang yang suka kita sedang kita tidak suka mereka, atau susahnya menjaga perasaan sendiri ketika kita suka orang dan orang itu belum terbaca kalau suka kita. Terimakasih untuk mekanisme kerja hati yang seprti ini, Ya Allah J
Namun sisi kanan selalu memunculkan sisi kiri, ketidakmampuan membaca perasaan ini membuat kita kurang peka. Kita tidak tahu, seseorang yang terlihat tidak peduli dan dingin jangan-jangan memiliki sesuatu yang ia simpan. Atau seseorang yang terlalu ramah, memiliki maksud yang mereka sembunyikan. Oh, inilah letak pelajarannya, agar kita tidak mudah jatuh dalam prasangka, agar pintar-pintar menjaga emosi.
Dalam mekanisme kerja hati yang seperti ini, perempuan lah yang sebenarnya banyak kesusahan. Perempuan adalah makhluk yang paling ingin dilihat tapi mati-matian menyembunyikan. Saya yang perempuan turut kasihan. Salah satu dampak dari sifat yang penuh pura-pura ini, perempuan menjadi kena dampaknya, memiliki sifat mudah ke-GeEr-an dan gampang menyimpul-nyimpulkan. Dan ketika apa yang sebenarnya tidak sesuai perkiraan, hanya luka yang akan ada.
Tapi Tuhan kita tak pernah menciptakan sesuatu tanpa tujuan, yang kita tahu selalu vertikal dan horizontal. Dengan demikian semoga kita lebih peka untuk saling menjaga, karena sekali kita menjaga perasaan orang lain, Allah akan juga menjaga perasaan kita dari yang membuat terluka. Semoga ketika ada rasa, tak pernah melampaui rasa padaNya, semoga tak berharap banyak-banyak pada manusia yang tak pasti, hanya Dia Yang Maha Pasti, semoga meski mecintai atau tidak, manusia harusnya bisa saling menjaga, memelihara sesama dari yang membuat terluka.

Surabaya 24 Juni 2014

Tidak ada komentar: